Tentang Kami :.
   Link Terkait :.

Bupati Sanggau Mewakili Gubernur Resmikan Bank Kalbar Capem Kembayan

Bupati Sanggau Paolus Hadi mewakili Gubernur Kalbar Cornelis meresmikan Bank Kalbar Kantor Cabang Pembantu Kembayan, Selasa (7/11). Keberadaan kantor baru harus dapat meningkatkan motivasi dan kinerja pegawai Bank Kalbar khususnya pegawai Bank Kalbar Cabang Pembantu Kembayan ucap Paolus Hadi yang membacakan sambutan Gubernur. Sambutan Gubernur yang disampaikan oleh Paolus Hadi menerangkan, Peresmian gedung kantor ini memiliki makna penting dan strategis, khususnya dalam upaya kita membangun perbankan yang sehat, dinamis dan mempertajam visi dan misi Bank Kalbar yang berorientasi pada pemenuhan kebutuhan dan peningkatan kesejahteraan seluruh masyarakat Kalimantan Barat. Komitmen dan kepedulian Bank Kalbar terhadap masyarakat Kalimantan Barat khususnya masyarakat kecamatan Kembayan perlu didukung oleh kita semua.

Gubernur Kalimantan Barat berpesan kepada masyarakat untuk menempatkan dana di Bank Kalbar karena dana tersebut akan dikembalikan kepada masyarakat Kalimantan Barat berupa pinjaman yang salah satu tujuannya berdaya guna sebagai permodalan usaha baik usaha mikro, kecil, maupun menengah,” pesannya.

Bank Kalbar telah ditunjuk oleh Kementrian Koperasi dan UKM sebagai salah satu dari 2 BPD selaku Bank pelaksana KUR (Kredit Usaha Rakyat) yang pertama kali dengan memperoleh subsidi bunga dari Pemerintah Republik Indonesia sehingga suku bunga pinjaman yang dikenakan kepada nasabah sangat rendah. Bank Kalbar juga telah memberikan keringanan biaya untuk kredit pengadaan barang dan jasa menjadi 11,50%. Pada sambutan tersebut, Gubernur Kalimantan Barat menghimbau kepada kontraktor-kontraktor untuk memanfaatkan fasilitas kredit tersebut untuk mempercepat realisasi pembangunan di Provinsi Kalimantan Barat khususnya Kabupaten Sanggau,” imbuhnya.

Gubernur Kalimantan Barat menghimbau kepada masyarakat Kabupaten Sanggau khususnya Kecamatan Kembayan, mari kita terus membangun dan memanfaatkan setiap peluang usaha melalui berbagai kemitraan termasuk bermitra kepada Bank Kalbar. Oleh karena itu, Cornelis mengajak para pengusaha, kontraktor, pemilik perkebunan, pemilik tambang, dan Credit Union (CU) serta seluruh masyarakat untuk memanfaatkan produk dan fasilitas yang ada pada Bank Kalbar dengan menabung, mendepositokan uang dan membuka rekening Giro di Bank Kalbar serta mengambil kredit di Bank Kalbar karena keuntungan yang didapat oleh Bank berupa laba akan dibagikan kembali berupa Deviden kepada Pemerintah Provinsi, Kabupaten dan Kota selaku pemegang Saham yang disetorkan sebagai PAD ke Kas Daerah dan akan dipergunakan sebagai salah satu sumber dana untuk membangun daerah,” ucap Bupati Sanggau menyampaikan sambutan Gubernur Kalimantan Barat.

Direktur Utama Bank Kalbar Samsir Ismail menerangkan pembangunan gedung kantor baru Bank Kalbar Cabang Pembantu Kembayan di Jalan Raya Kembayan Nomor 12 RT. 20/RW. 07 Desa Tanjung Merpati Kecamatan Kembayan Kabupaten Sanggau Provinsi Kalimantan Barat di atas tanah seluas 443 m2 dengan luas bangunan 304,4 m2 terdiri atas dua lantai dengan biaya pembangunan gedung sebesar Rp2.203.000.000,-, dalam kurun waktu ± 6 (enam) bulan. Samsir mengungkapkan Bank Kalbar Cabang Pembantu Kembayan telah beroperasional sejak 1 September 2008. Dengan adanya gedung yang baru, Samsir berharap masyarakat Kecamatan Kembayan dan sekitarnya untuk dapat memanfaatkan fasilitas gedung baru Bank Kalbar ini dengan kondisi layanan yang tidak panas, nyaman dan aman dimohonkan agar masyarakat semakin banyak menggunakan produk dan jasa Bank Kalbar serta melakukan transaksi keuangan dengan Bank Kalbar, baik untuk menyimpan uangnya maupun mendapatkan pinjaman atau pembiayaan, sehingga diharapkan perekonomian masyarakat semakin meningkat, selain itu juga akan meningkatkan pendapatan Bank Kalbar yang juga akan meningkatkan Deviden yang akan diterima Pemerintah Daerah selaku Pemegang Saham.

Kepala Kantor Perwakilan Bank Indonesia Kalimantan Barat Dwi Suslamanto juga menyambut baik kehadiran gedung baru Bank Kalbar Cabang Pembantu Kembayan. Selamat kepada Bank Kalbar yang membuka Kantor Cabang Pembantu Kembayan semoga dengan demikian selalu dapat mendekatkan diri dengan nasabah dan masyarakat, sehingga Bank Kalbar dan Pemegang Sahamnya semakin maju dan sukses,” ungkapnya. Kedepan Bank Kalbar juga harus dapat memberikan kemudahan/peningkatan pelayanan melalui Teknologi Finansial (FinTech) E-Money kepada seluruh masyarakat.

Kedepan Bank Kalbar juga harus dapat memberikan kemudahan/peningkatan pelayanan melalui Teknologi Finansial (FinTech) E-Money kepada seluruh masyarakat. Muhammad Fahmi Kasubag Edukasi dan Perlindungan Konsumen mewakili Kepala Otoritas Jasa Keuangan (OJK) Kalimantan Barat Moch Riezky F. Purnomo Mengatakan kami berharap Bank Kalbar agar dapat tumbuh dan berkembang untuk meningkatkan perekonomian masyarakat yang tentunya Bank Kalbar harus juga menyediakan terobosan layanan-layanan terbaru, seperti yang diungkapkan oleh Bapak Dwi Suslamanto tadi salah satunya adalah Teknologi Finansial (FinTech) yang sedang marak saat ini. Selain itu, Otoritas Jasa Keuangan (OJK) juga mendorong Bank Kalbar untuk mengembangkan Laku Pandai, Laku Pandai adalah layanan keuangan tanpa kantor dalam rangka keuangan inklusif. Laku Pandai ini diperlukan karena masih banyak anggota masyarakat yang belum mengenal, menggunakan atau mendapatkan layanan perbankan dan layanan keuangan lainnya. Antara lain, karena bertempat tinggal di lokasi yang jauh dari Kantor Bank. Oleh karena itu, Laku Pandai ini sangat membantu penggunaan produk perbankan khususnya Bank Kalbar yang merata diseluruh Kalimantan Barat,”ujarnya.

Acara peresmian gedung baru Bank Kalbar Cabang Pembantu Kembayan diwarnai penyerahan bantuan kredit tanpa bunga kepada Usaha Mikro Kecil Menengah (UMKM) sebanyak 30 (tiga puluh) orang masing-masing Rp1 Juta, penerimaan secara simbolis oleh Kepala Desa Tanjung Merpati, Sirodjudin dan Kepala Desa Sotok, Mulyadi, serta beasiswa kepada siswa/siswi yang berprestasi tingkat Sekolah Dasar (SD), Sekolah Menengah Pertama (SMP), dan Sekolah Menengah Atas (SMA) sebanyak 15 (lima belas) orang masing-masing Rp1juta, penerimaan secara simbolis oleh perwakilan SD Revalina Desta, Perwakilan SMP Fauzi Darmadi, dan Perwakilan SMA Wiwit Sulastri. Bantuan ini merupakan bentuk tanggung jawab sosial perusahaan kepada masyarakat melalui dana Corporate Social Responsibility (CSR). Pada kesempatan tersebut Bupati Sanggau Paolus Hadi juga membuka rekening tabungan di Bank Kalbar Cabang Pembantu Kembayan. Menurutnya sebagai Kepala Daerah harus memberi contoh langsung kepada masyarakat akan pentingnya menyimpan dana di Bank Kalbar. “pemimpin kita harus memberi contoh,” ucapnya.

Peresmian Bank Kalbar Kantor Cabang Pembantu Kembayan ditandai dengan penandatanganan prasasti serta penekanan tombol sirine oleh Bupati Sanggau yang didampingi Ketua DPRD Kabupaten Sanggau, Kepala Kantor Perwakilan Bank Indonesia Provinsi Kalimantan Barat, yang mewakili Kepala Otoritas Jasa Keuangan (OJK) Provinsi Kalimantan Barat, Dewan Komisaris, dan Direktur Utama Bank Kalbar serta pengguntingan pita oleh Ketua Persatuan Istri Pegawai (PIP) Bank Kalbar Kantor Pusat.

Usai acara peresmian Bupati Sanggau beramah-tamah dengan para tamu undangan. Acara santai ini diwarnai aksi olah vokal Bupati Sanggau yang tampil bernyanyi. Dengan lagu “Doleng Dona Do” dan diikuti oleh tamu undangan berjoget bersama.Turut hadir pada peresmian ini, Staf Ahli, OPD dan Kepala Biro Pemerintah Provinsi Kalimantan Barat, Pejabat Daerah Pemerintah Kabupaten Sanggau, Kepala Kantor Perwakilan Bank Indonesia Provinsi Kalimantan Barat, yang mewakili Kepala Otoritas Jasa Keuangan (OJK) Provinsi Kalimantan Barat, Ketua DPRD Kabupaten Sanggau, Rektor IKIP PGRI Pontianak Prof. Dr. H. Samion H.Ar.M.Pd., Camat Kabupaten Sanggau, Kapolsek Kembayan, Dewan Komisaris Bank Kalbar, Direksi Bank Kalbar, Pengurus PIP Bank Kalbar Kantor Pusat, Pengurus dan Anggota PIP Kantor Cabang Balai Karangan, tokoh masyarakat Kecamatan Kembayan, dan mitra usaha serta nasabah Bank Kalbar.

Share via : Facebook | Twitter