Tentang Kami :.
   Link Terkait :.

PENGHARGAAN BANK INDONESIA 2017
BANK KALBAR, BANK TERBAIK DALAM MENDUKUNG SIRKULASI PEREDARAN UANG RUPIAH DI DAERAH TERPENCIL, TERLUAR, DAN TERDEPAN (3T)

Satu lagi penghargaan bergengsi diraih Bank Kalbar di pentas nasional. Kali ini persembahan penghargaan dari Bank Indonesia. Penghargaan Bank Indonesia merupakan acara tahunan yang rutin diselenggarakan oleh bank sentral. Untuk tahun ini mengangkat tema ‘Bersinergi meningkatkan tata kelola dan kinerja guna mewujudkan stabilitas dan akselerasi pertumbuhan ekonomi nasional’. Acara ini juga merupakan puncak kegiatan perayaan hari ulang tahun (HUT) KE-62 BI yang diperingati setiap 1 Juli.

Bank Indonesia memberi apresiasi atas tata kelola dan kinerja baik para pelaku ekonomi, melalui penganugerahan Penghargaan Bank Indonesia 2017. Terdapat 30 (tiga puluh) penghargaan yang diberikan bagi individu, korporasi, perbankan, dan media, dari 16 (enam belas) kategori. Penghargaan tersebut diberikan kepada para pelaku ekonomi dan tokoh bangsa yang dalam beberapa waktu terakhir telah memberikan kontribusi dan kinerja terbaiknya untuk mengawal dan memajukan perekonomian Indonesia, serta memberikan inspirasi bagi peningkatan kualitas dan tata kelola perekonomian bangsa.

Pada momen tersebut, Bank Kalbar berhasil meraih Penghargaan sebagai Bank Terbaik Dalam Mendukung Sirkulasi Peredaran Uang Rupiah di daerah Terpencil, Terluar dan Terdepan (3T), dimana penghargaan tersebut diserahkan langsung oleh Gubernur Bank Indonesia, Agus D.W. Martowardojo pada Selasa pagi (18/07/17) di Birawa Assembly Hall Hotel Bidakara Grand Pancoran Jakarta.

Bank Kalbar meraih Penghargaan sebagai Bank Terbaik Dalam Mendukung Sirkulasi Peredaran Uang Rupiah di daerah Terpencil, Terluar dan Terdepan (3T) diantara 26 BPD yang dinilai dan menyisihkan Bank SULUTGO dan Bank NTT yang juga masuk sebagai nominasi.

Agus menjelaskan, penghargaan tersebut diberikan kepada para pelaku ekonomi dan tokoh bangsa yang dalam beberapa waktu terakhir telah memberikan kontribusi dan kinerja terbaiknya untuk mengawal dan memajukan perekonomian Indonesia, serta memberikan inspirasi bagi peningkatan kualitas dan tata kelola perekonomian bangsa.

Pemberian penghargaan ini menurut Agus juga merefleksikan jalinan sinergi antara Bank Indonesia dan para pelaku ekonomi yang bersama-sama pemerintah, OJK dan LPS berupaya mewujudkan stabilitas makroekonomi, serta memfasilitasi akselerasi pertumbuhan ekonomi secara sehat dan berkesinambungan.

"Kinerja dan tata kelola yang baik dari para pelaku ekonomi dinilai telah turut berkontribusi kepada stabilitas dan pertumbuhan ekonomi nasional, hingga mencapai posisi pertumbuhan ketiga tertinggi diantara negara-negara anggota G-20," paparnya. Kemampuan manajerial Bank Kalbar yang memancing decak kagum di pentas nasional sesungguhnya bukan baru-baru ini saja hadir di depan muka kita. Segudang prestasi telah dipersembahkan. Sebut saja pada 24 Mei 2017 lalu, Bank Kalbar kembali terpilih sebagai TOP BUMD 2017 Kategori TOP BPD 2017 dan pada kesempatan tersebut Gubernur Kalbar Drs. Cornelis, MH terpilih juga sebagai TOP PEMBINA BUMD 2017.

Direktur Utama Bank Kalbar, Drs. Samsir Ismail, MM, saat ditemui usai menerima penghargaan, mengucapkan terimakasih atas kepercayaan masyarakat Kalimantan Barat kepada Bank Kalbar. Penghargaan yang diperoleh Bank Kalbar Cabang Singkawang sebagai Bank Terbaik Dalam Mendukung Sirkulasi Peredaran Uang Rupiah di daerah Terpencil, Terluar, dan Terdepan (3T), tentunya tidak akan diperoleh tanpa dukungan seluruh shareholder dan stakeholders serta seluruh masyarakat Kalimantan Barat terutama Gubernur Provinsi Kalimantan Barat Bapak Drs. Cornelis, MH. Samsir juga mengucapkan terima kasih kepada Bank Indonesia yang telah mempercayakan pengelolaan Kas Titipan Bank Indonesia kepada Bank Kalbar.

Samsir menambahkan, saat ini ada 4 (empat) Layanan Kas Titipan Bank Indonesia di Bank Kalbar yaitu di Kantor Cabang Ketapang, Kantor Cabang Sintang, Kantor Cabang Putussibau, dan Kantor Cabang Singkawang.

Gubernur Provinsi Kalimantan Barat Bapak Drs. Cornelis, MH, turut bangga atas prestasi nasional yang diperoleh Bank Kalbar. “Dengan penganugerahan sebagai Bank Terbaik Dalam Mendukung Sirkulasi Peredaran Uang Rupiah di daerah Terpencil, Terluar dan Terdepan (3T) dari Bank Indonesia ini, diharapkan akan lebih memotivasi pengurus dan karyawan agar meningkatkan peranan Bank Kalbar selaku BUMD milik Pemprov Kalbar dan kabupaten/kota se-Kalbar agar memberikan manfaat yang lebih besar untuk meningkatkan kesejahteraan masyarakat Kalimantan Barat,” tutur Cornelis.

Cornelis juga mengucapkan terima kasih kepada Kepala Kantor Perwakilan Bank Indonesia yang telah mempercayakan Layanan Kas Titipan untuk dikelola oleh Bank Kalbar dan berperan aktif dalam mengawal dan memajukan perekonomian di Kalimantan Barat.

Cornelis menghimbau agar masyarakat Kalimantan Barat terus memberikan dukungan kepada Bank Kalbar. “Bank Kalbar terpilih sebagai Bank Terbaik Dalam Mendukung Sirkulasi Peredaran Uang Rupiah di daerah Terpencil, Terluar dan Terdepan (3T) tidak akan mungkin diperoleh tanpa dukungan seluruh masyarakat Kalimantan Barat. Berbagai upaya yang dilakukan Bank Kalbar jika tidak mendapatkan kepercayaan dari masyarakat, pengusaha, kontraktor, pemilik perkebunan dan tambang, maka bank akan sulit berkembang. Oleh karena itu, saya mengajak para pengusaha, kontraktor, pemilik perkebunan dan tambang serta seluruh masyarakat untuk membesarkan Bank Kalbar dengan menabung di Bank Kalbar dan mengambil kredit di Bank Kalbar karena keuntungan operasional berupa laba akan dibagikan kembali kepada Pemerintah Provinsi, Kabupaten dan Kota selaku pemegang saham dalam bentuk dividen yang disetorkan ke Kas Daerah dan akan dipergunakan sebagai salah satu sumber dana untuk membangun daerah atau dapat juga untuk memperkuat Modal Bank Daerah dimaksud, sehingga bisa melakukan ekspansi usaha terutama dalam mengembangkan usaha mikro, kecil dan menengah di Kalimantan Barat,” ungkap Cornelis, Jumat (21/07/2017).

Share via : Facebook | Twitter