Tentang Kami :.
   Link Terkait :.

Tips Menggunakan ATM dengan Aman



Menyikapi pemberitaan Media mengenai kejahatan kartu ATM yang terjadi di beberapa Bank beberapa waktu lalu, Berikut Kami sampaikan "Tips Menggunakan ATM dengan Aman" :

Kartu dan PIN

Lindungi ATM, kartu kredit dan kartu debit Anda dari kerusakan dengan menyimpannya di tempat yang aman – jangan sampai bengkok atau tergores.

Hapalkan nomor PIN Anda – jika Anda harus mencatatnya, jangan disimpan di dompet, tas, phonebook ponsel atau ditempelkan di kartu.

Saat memilih nomor PIN, hindari nomor-nomor atau huruf yang mudah ditebak. Jangan gunakan inisial, tanggal lahir, nomor telepon atau kombinasinya.

Jika kehilangan kartu Anda – Hubungi Call Center Bank Kalbar (0807-1-888-123), dan segera lakukan pemblokiran.

Saat bepergian, disarankan untuk hanya membawa satu kartu ATM dan hapalkan nomor PINnya.

Ganti PIN ATM anda secara berkala.


Saat Menggunakan ATM, Waspadai Kondisi Sekitar

Jika Anda menemukan tanda - tanda mesin ATM secara fisik rusak, berubah atau ditempelkan alat tertentu, atau kabel yang terlepas, laporkan segera kepada Bank Kalbar terdekat atau Call Center Bank Kalbar dan gunakan ATM lainnya.

Lihatlah kondisi sekitar dan perhatikan keadaan sekitar Anda,jika pencahayaan ATM sangat temaram, gunakan ATM lain.

Tutup area keyboard / Pinpad saat anda memasukkan PIN ATM.

Jangan menghitung uang saat Anda berdiri di depan ATM segera masukkan uang, kartu dan slip transaksi kedalam dompet / tas Anda.

Batalkan transaksi dan segera tinggalkan lokasi ATM jika Anda mecurigai sesuatu.

Jangan tinggalkan kunci atau benda berharga lain di dalam mobil saat menggunakan ATM dan jangan meninggalkan mobil dalam kondisi mesin menyala tanpa penjagaan.


Simpan Kartu dan Bukti Transaksi

Setelah selesai transaksi ATM atau debit, segera minta Kembali kartu Anda.

Jangan tinggalkan slip ATM bawa dan simpanlah. Ini adalah cara terbaik untuk melindungi diri dari pemakaian tanpa izin, dan membuat pelacakan penggunaan lebih mudah bagi Anda.

Saat kartu Anda tertahan di dalam ATM, curigailah segala bentuk tawaran bantuan. Para kiminal bias mendapat PIN Anda dengan beragam cara (mengintip dari balik pundak, atau bertanya langsung), lalu kemudian mengambil kartu yang tertahan tadi dan menggunakannya untuk menarik dana. Laporkan segera insiden ini ke bank baik dengan mengunjungi kantor cabang terdekat atau melalui telepon Call Center Bank Kalbar.


Share via : Facebook | Twitter