Tentang Kami :.
   Link Terkait :.

Sehat Alami Kesehatan Holistik

Sebagai langkah untuk meningkatkan kesadaran akan kesehatan Bank Kalbar mengadakan Seminar Kesehatan Holistik yang di sampaikan oleh DR. dr. Zaenal M. Sofro, AIFM Sport & Circ. Med. pada Jumat (22/04) malam di Aula Kantor Pusat Bank Kalbar. Pada kesempatan tersebut Pria yang lahir di Pemalang, 12 Februari 1959 ini menyampaikan bagaimana caranya mengatasi permasalahan kesehatan dengan penanganan yang sederhana namun efektif. Acara tersebut dihadiri oleh seluruh pegawai Bank Kalbar yang berada di Kota Pontianak dan Kubu Raya. Dalam rangka penyegaran Rohani dan Kesehatan, manajemen Bank Kalbar mempersiapkan acara-acara serupa kepada seluruh pegawai Bank Kalbar, sebagai upaya untuk menjaga kesehatan jasmani dan rohani seluruh pegawai Bank Kalbar perlu diberikan pengetahuan bagaimana menjaga kesehatan secara holistik.

Dr. dr. Zaenal M. Sofro adalah ahli dalam bidang kesehatan dari Universitas Gajah Mada Yogyakarta. Ia mengatakan “hampir dalam keseharian pegawai Bank Kalbar selalu disibukan dengan rutinitas, sehingga perlu menjaga kondisi dan pikiran”. Ia menambahkan bahwa manusia dibekali otak yang lebih sempurna di banding makhluk lainnya, otak manusia terdiri dari berbagai tingkatan Neocortex, Paleocortex, dan Reptilian. Namun manusia cenderung menggunakan Neocortex, pengertian Neocortex ialah dapat berpikir secara kreatif jika emosinya senang, bersemangat, termotivasi dan instinknya merasa aman. Sebaliknya otak neocortex tidak dapat bekerja dengan baik jika otak mamalia bosan dan otak reptile terancam. Sedangkan Paleocortex mempengaruhi emosional seseorang seperti lekas marah dan reptile lebih mengarah ke Nafsu seperti nafsu makan yang berlebih.

DR. dr. Zaenal M. Sofro juga menyampaikan kita butuh meminum air mineral setiap hari, untuk menjaga ginjal agar tetap berfungsi dengan baik. Air seni juga dapat menjadi tolok ukur kesehatan. Misalnya air seni menunjukan warna yang bening, maka kebutuhan akan air mineral mencukupi. Namun sebaliknya jika berwarna kuning pekat, maka kebutuhan air mineral dalam tubuh sangat kurang mencukupi. Dengan begitu kita dapat melakukan tindakan sederhana namun cukup memberikan manfaat bagi tubuh.

Tubuh manusia memiliki otot yang rumit, terdiri dari saraf-saraf seperti kabel dan jaringan listrik, untuk menjaga agar kabel-kabel (syaraf-syaraf) tertentu tidak mengalami korsleting, maka perlu dilakukan pencegahan dini dari pusat syarafnya yaitu hati. Dr. Zaenal M. Sofro juga menambahkan bagaimana caranya meregangkan otot. “selama ini kita sering sekali mematahkan bagian sendi-sendi tulang seperti leher, pergelangan tangan dan lainnya. Padahal itu sangat tidak disarankan dalam ilmu kedokteran”. Cara yang baik ialah dengan meregangkan bagian-bagian tubuh yang terasa pegal dengan melakukan gerakan seperti stretching.


Share via : Facebook | Twitter