Tentang Kami :.
   Link Terkait :.

Peresmian Gedung Baru Bank Kalbar Kantor Cabang Ketapang

GUBERNUR KALBAR, Drs Cornelis MH, meresmikan gedung baru Bank Kalbar Cabang Ketapang, di Jl. Brigjend Katamso No.18, Kamis, 14 Januari 2016. Beliau meminta masyarakat untuk menyimpan dana dan meningkatkan tabungan di Bank Kalbar.

Tambahnya, “Bank Kalbar ini milik pemerintah daerah. Dari keuntungannya dibagikan berupa Dividen yang akan masuk menjadi Pendapatan Asli Daerah (PAD) untuk membangun daerah itu sendiri, tidak lari keluar. Makanya, saya minta para kepala daerah jangan gunakan Bank lain untuk menyimpan dana BOS, dana sertifikasi guru, DAU/DAK, dan sebagainya dan Gunakan Bank Kalbar saja. Saya dengar keuntungan Bank Kalbar tahun 2015 mencapai Rp200 miliar lebih, dengan demikian dividen akan masuk dalam PAD untuk membangun daerah.”

Ia menegaskan, sebagai bank milik pemerintah daerah, Bank Kalbar harus maju dan profesional. Para Direksi dan jajaran Bank Kalbar diminta selalu memberikan pelayanan yang semakin baik, berpikir cerdas mengelola Bank Kalbar dan memiliki perencanaan jangka panjang sampai 25 tahun kedepan.

Gubernur turut menyampaikan selamat atas berdiri dan beroperasionalnya gedung baru Bank Kalbar Kantor Cabang Ketapang. “Selamat pada direksi dan jajaran Bank Kalbar karena sudah membangun gedung yang representatif, Bank ini berdiri sejak tahun 1964. Ke depan harus lebih baik dan efisien dalam pengelolaan agar dapat untung,” kata pemilik saham mayoritas Bank Kalbar ini.

Selain kantor cabang, Bank Kalbar diminta mengembangkan jaringan dengan membuka kantor di tiap kecamatan se-Kalbar. “Buka kantor di kecamatan butuh infrastruktur, air bersih, listrik, dan telekomunikasi jaringan internet. Kantor pelayanan Bank Kalbar di kecamatan cukup mulai dengan empat staf dan nanti akan berkembang,” ujarnya.

Hal senada disampaikan Pejabat Bupati Ketapang, Kartius SH MSi, pembangunan kantor Bank Kalbar di tiap kecamatan dinilai potensial, karena banyak investor yang berada di kecamatan memiliki 4-5 ribu karyawan, mereka perlu pelayanan jasa perbankan. “Bank Kalbar Harus siap bersaing profesional dengan bank lain, jadi tuan di negeri sendiri. Untuk perekrutan tenaga kerja, Bank Kalbar harus perhatikan anak-anak daerah,” katanya.

Dalam laporannya, Direktur Utama Bank Kalbar, Sudirman HMY, menyampaikan, gedung baru Kantor Cabang Ketapang di Jl. Brigjen Katamso No.18 menjadi kantor cabang induk di Kabupaten Ketapang Pengerjaan kantor baru dilakukan selama 18 bulan (17 Oktober 2013 - 10 April 2015). Kantor lama di Jl Merdeka No.138 saat ini menjadi Kantor Kas dan tetap melayani nasabah di sekitarnya.

“Saat ini, Kantor Cabang Induk Ketapang membawahi enam jaringan kantor, serta memiliki satu CDM atau mesin setor tunai dan 10 ATM yang tersebar se-Kabupaten Ketapang. Kantor Cabang Ketapang juga sudah menyediakan 144 Safe Deposite Box yang dapat digunakan nasabah untuk menyimpan barang-barang berharganya,” ujarnya.

Ia turut menyampaikan, pencapaian kinerja keuangan Bank Kalbar posisi 31 Desember 2015. Total Aset Rp13,129 triliun, Dana Pihak Ketiga Rp10,9 triliun (total nasabah 1.060.765 rekening), dan Penyaluran Kredit Rp9,02 triliun dengan Loan to Deposit Ratio (LDR) sebesar 82 persen.

Terkait produk unggulan, ia menekankan, saat ini tabungan TASERNA telah dilengkapi Asuransi Kematian dengan saldo minimal Rp50 ribu sudah otomatis tercover dengan asuransi jiwa. Tabungan PROFITA sebagai tabungan investasi yang bunganya setara dengan deposito, Tabungan SISWA dan BEKAL sebagai tabungan berjangka yang memiliki manfaat untuk jangka waktu ke depan. “Kami pun gencar mendukung Gerakan Nasional Non Tunai (GNNT) dengan meluncurkan kartu FLAZZ Bank Kalbar, serta pembayaran PBB Online melalui ATM Bank Kalbar. Dalam waktu dekat kami akan melaksanakan Laku Pandai (Branchless Banking),” katanya.

Peresmian gedung baru Kantor Cabang Ketapang ditandai penandatangan prasasti oleh Gubernur Kalbar dan pemotongan pita oleh Ketua Tim Penggerak PKK Kalbar, Ny Frederika Cornelis SPd. Disela peresmian, Bank Kalbar menyerahkan CSR berupa bantuan kepada 10 pelajar berprestasi dan bantuan kepada empat pelaku usaha mikro di Ketapang.

Acara peresmian tersebut turut dihadiri Perwakilan Kantor Otoritas Jasa Keuangan Provinsi Kalbar Mahdi Abdilah, ketua DPRD Kabupaten Ketapang, nasabah kabupaten Ketapang dan mitra usaha Bank Kalbar. “Terima kasih atas dukungan pemerintah provinsi dan kabupaten/kota, serta DPRD Provinsi dan kabupaten/kota yang selalu mendukung Bank Kalbar menambah penyertaan modal. Kinerja Bank Kalbar yang semakin baik pun tidak lepas dari peran serta semua pihak, termasuk masyarakat dan mitra usaha kami,” ujarnya.

Rangkaian Acara ditutup dengan penanaman bibit pohon Kemiri Sunan di halaman Kantor Cabang Ketapang oleh Gubernur Provinsi Kalbar Drs. Corelis MH dan Ketua Tim Penggerak PKK Provinsi Kalbar Ny Frederika Cornelis, S.Pd guna mendukung gerakan penghijauan


Share via : Facebook | Twitter