Tentang Kami :.
   Link Terkait :.

Bank Kalbar Raih Penghargaan Nasional :
Annual Report Award (ARA) 2014 & Indonesia WOW Brand 2015

Menjelang peringatan Hari Raya Idul Adha yang jatuh pada tanggal 10 DzulhijjahKalender Hijriyah, Bank Kalbar kembali menunjukkan konsistensi kinerja keuangan dan keterbukaan informasi dengan meraih Peringkat dalam ajang prestisius Malam Penganugerahan Annual Report Award (ARA) 2014 dan Penghargaan Bronze Champion dalam Indonesia Wow Brand 2015 Kategori Deposito Bank Pembangunan Daerah yang diselenggarakan PT MarkPlus Indonesia beberapa waktu yang lalu.

Bank Kalbar berhasil meraih Peringkat Ketiga dalam ARA 2014 untuk Kategori BUMD Non Listed yang juga sekaligus berhasil mencetak podium 4(empat) tahun berturut-turut dalam ajang yang sama yaitu ARA 2011,2012,2013 dan 2014.

ARA sendiri merupakan kegiatan tahunan yang diselenggarakan oleh 7(tujuh) institusi yaitu Otoritas Jasa Keuangan (OJK), Kementerian BUMN, Bank Indonesia, Dirjen Pajak, Komite Nasional Kebijakan Governance (KNKG), Bursa Efek Indonesia (BEI), dan Ikatan Akuntan Indonesia dengan tujuan penilaian atas kualitas keterbukaan informasi dan penerapan Good Corporate Governance (GCG) dalam Laporan Tahunan Perusahaan yang mengacu pada ketentuan dan pedoman yang berlaku secara nasional maupun internasional.

”Penyelenggaraan ARA ini merupakan penyelenggaraan ke-14 atas komitmen dari 7(tujuh) institusi yang sejak awal penyelenggaraan mendorong praktek Good Corporate Governance yang baik melalui keterbukaan informasi dalam Laporan Tahunan. Terkait kepesertaan, peserta ARA 2014 bertambah 33 perusahaan menjadi 294 perusahaan atau meningkat 13% dibandingkan dengan penyelenggaraan ARA tahun sebelumnya. Peserta dibagi menjadi 11 kategori yaitu BUMN Keuangan Listed dan Non Listed, BUMN Non Keuangan Listed dan Non Listed, Private Keuangan Listed dan Non Listed, Private Non Keuangan Listed dan Non Listed, BUMD Listed dan Non Listed, dan Dana Pensiun,”jelas Ketua Panitia Pengarah ARA 2014 yang juga menjabat sebagai Kepala Eksekutif Pengawas Pasar Modal OJK Nurhaida dalam laporannya pada acara Malam Penganugerahan ARA 2014.

Ketua Dewan Juri ARA 2014 Soedarjono yang berkesempatan juga dalam menyampaikan laporannya mengatakan bahwa Dewan Juri ARA 2014 berasal dari 23 orang yang berasal dari berbagai instansi dan proses penjurian berupa riset dilakukan secara objektif dan independen. ”Dalam rangka menjaga integritas dan kualitas penjurian dalam ARA, anggota Dewan Juri terdiri dari 23 orang yang berasal dari berbagai instansi baik dari motivator, pelaku akademisi maupun praktisi. Proses penjurian dilakukan secara bertahap yakni penilaian dilakukan secara kuantitatif berdasarkan kriteria - kriteria yang telah ditetapkan dan di-publish di situs institusi penyelenggara ARA. Berdasarkan penilaian tersebut diperoleh sejumlah nomine penerima penghargaan ARA yang selanjutnya diwawancarauntuk memperoleh nilai review dari pimpinan perusahaan mengenai isi Laporan Tahunanserta memformulasikan penilaian kuantitatif yang dilakukan sebelumnya termasuk diantaranya kesesuaian praktek Good Corporate Governance yang diterapkan oleh perusahaan, ” ujar Soedarjono.

Atas peringkat yang diperoleh Bank Kalbar, Direktur Utama Bank Kalbar Sudirman HMY mengapresiasi kepercayaan, keyakinan, loyalitas dan dukungan yang telah diberikan oleh seluruh keluarga besar Bank Kalbar. ”Mempertahankan pertumbuhan kinerja keuangan yang sustain serta penerapan prinsip-prinsip GCGterutama prinsip akuntabilitas dan transparansi membutuhkan kerja keras dan kerjasama dari setiap lini manajemen. Oleh karena itu, kami berterima kasih dan mendedikasikan penghargaan ini kepada seluruh pegawai dan nasabah setia Bank Kalbar yang telah memberikan kepercayaan, keyakinan, loyalitas dan dukungan penuh kepada Bank Kalbar,” tutur Sudirman yang juga hadir mewakili Bank Kalbar dalam memperoleh Penghargaan Bronze Champion Indonesia Wow Brand 2015 Kategori Deposito Bank Pembangunan Daerah bertempat di Ballroom A Raffles Hotel Ciputra World 1 Jakarta, Kamis lalu (10/09/2015)

Sukses yang diraih Bank Kalbar merupakan hasil kerjasama dengan Pemerintah Daerah, Satuan Kerja Perangkat Daerah (SKPD) khususnya Badan Pengelola Keuangan dan Aset Daerah (BPKAD), dan Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD).Bimbingan dan arahan dari Bank Indonesia, Otoritas Jasa Keuangan (OJK), Gubernur Kalimantan Barat dan Dewan Komisaris Bank Kalbar diharapkan pula oleh Sudirman dapat terus diberikan agar Bank Kalbar dapat terus tumbuh berkelanjutan dan menjadi Bank Kebanggaan masyarakat Kalimantan Barat yang sejajar dengan Bank Nasional lainnya di Indonesia.”Penghargaan yang diperoleh Bank Kalbar tidak lepas dari kerjasama yang tertata dengan baik dengan Pemerintah Daerah Provinsi dan Kabupaten/Kota, BPKAD dan DPRD serta bimbingan dan arahan Bank Indonesia, OJK, shareholders khususnya Gubernur Kalimantan Barat, dan Dewan Komisaris Bank Kalbar. Besar harapan kami hal ini dapat diteruskan sehingga Bank Kalbar dapat terus tumbuh dan mampu menempatkan diri sejajar dengan Bank Nasional lainnya,” tambah Sudirman yang hadir bersama Komisaris Utama Bank Kalbar Murdjani Abdullah dan Komisaris Bank Kalbar Iriyanto dalam Acara Malam Penganugerahan Annual Report Award (ARA) 2014.


Share via : Facebook | Twitter